Jumat, 26 Oktober 2012

DETEKSI FLASHDISK TIDAK TERBACA DI UBUNTU

Begini yang sangat sering sekali bermain-main dengan linux entah itu dari Browsing, Downloading, Uploading, Typing, editor image, saya sangat senang menggunakan OS yang satu ini. namanya linux  :) Tapi suatu ketika saya mau mengambil data saya yang ada di linux ini,  ingin memindahkan data di flashdisk saya, 

Nah berikut ini cara yang saya tempuh untuk mendeteksi flashdisk saya yang besarnya 4GB yang tidak terdeteksi oleh linux Ubuntu.
Tancapkan Flashdisk anda yang tidak bisa terbuka oleh linux Ubuntu.  

1. kemudian buka fasilitas konsole/Terminal 

2. Kemudian masuk pada user root dengan mengetik  sudo -i  

3. Kemudian ketik perintah  fdisk -l

 
6.  Nah maka akan terdeteksi bahwa flashdisk saya sudah terbaca oleh user root
7. Kemudian ketikan perintah mount /dev/sdc1 /mnt (karena flashdisk saya terletak di   dev/sdc1) 

8. kemudian kita buka flashdisk kita di folder /mnt dengan mengetikan perintah cd /mnt
9. Nah kita lihat isinya dengan mengetikan perintah ls
10. maka disana akan terpampang isi dari flashdisk saya yang belum terdeteksi tadi


11. Nah sekarang kita bisa melihatnya di explorer'y linux bisa di Dolpin atau Nautilus yang terletak di filesystem linux yang terletak di folder mnt



12. Dan inilah isi dari folder mnt itu



13. Disana sudah ada isi dari flashdisk saya dan nama flashdisk saya juga sudah otomatis terdeteksi


Semoga tutorial ini bisa berguna dan bermanfaat amin.. 

Salam Share IT


Tidak ada komentar: